Mempersiapkan Mental Dalam Menghadapi Dunia Kerja

Persiapan Menghadapi Dunia Kerja – Jika lowongan pekerjaan bagaikan emas yang banyak diburu oleh banyak orang, maka pengangguran adalah kata yang paling ditakuti oleh sejumlah orang. Guna mengurangi rasa ketakutan diri akan momok pengangguran ini, serta bisa melangkah ke dunia kerja, tentunya Anda membutuhkan yang namanya persiapan menghadapi dunia kerja. Akan tetapi, terkadang Anda terlalu panik serta sibuk dalam mencari pekerjaan sehingga melupakan langkah dalam mempersiapkan hal-hal dasar dalam menghadapi dunia kerja. Lantas apa saja langkah dalam mencari pekerjaan? Berikut ini beberapa langkah tepat dalam menghadapi dunia kerja.


A. Kenali Diri Sendiri
Siapa Anda? Apa kelemahan serta kelebihan Anda? Misalnya jika kita lihat dari segi fisik, jika Anda memiliki ukuran tubuh yang pendek, bukannya Anda bisa menggunakan high heels untuk menyiasatinya tubuh Anda yang pendek. Jika merasa tubuh Anda kurang langsing? Setidaknya Anda bisa menyiasatinya dengan memakai pakaian yang membuat tubuh terlihat lebih langsing. Bukan hanya segi fisik, namun Anda juga harus lebih mengenal kelemahan apa yang Anda miliki, serta kemampuan seperti apa yang memang harus Anda tingkatkan untuk memasuki dunia kerja. Jika memang Anda merasa kurang yakin dengan kemampuan yang Anda miliki, mengapa tidak untuk mengambil kursus guna menunjang kemampuan yang lebih lagi. Jangan lupa, Anda juga memiliki kelebihan yang pastinya bisa Anda tonjolkan.

Mungkin Anda sudah memiliki kemampuan yang banyak, keahlian yang tidak tertandingi lagi, namun terkadang Anda kurang percaya diri hanya dikarenakan belum memiliki pengalaman dalam bekerja. Bagi Anda yang memang belum memiliki pengalaman dalam bekerja, alangkah lebih baik lagi jika memang kita bisa mencari pengalaman yang lebih banyak lagi. Bagi kita yang berpengalaman sedikit, bayaran (gaji) hendaklah menjadi urusan belakangan, yang terpenting adalah ilmu yang kita dapatkan.

B. Persiapan Fisik
Untuk saat ini, hampir semua perusahaan menerapkan standar dengan menjalankan tes kesehatan pada setiap calon karyawan barunya. Dan pastinya kesehatan fisik ini tidak bisa Anda raih hanya dengan SKS atau Sistem Kebut Semalam layaknya ketika Anda akan menjalankan ujian sekolah. Walaupun demikian, tes kesehatan ini seharusnya tidak menjadi momok yang sangat menakutkan bagi Anda. Untuk menghadapi tes kesehatan ini, setidaknya Anda harus bisa mengatur pola makan Anda, istirahat dengan cukup, serta perbanyak berolahraga. Dan mulai sekarang, berhentilah untuk merokok juga meminum minuman yang beralkohol, karena itu akan menggagalkan Anda dalam mendapatkan pekerjaan.

C. Persiapan Mental
Pastinya dalam dunia kerja Anda harus bisa tahan banting, percaya diri serta kuat. Akan sangat percuma jika Anda memiliki fisik yang sehat dan otak yang pintar jika Anda mendapatkan penolakan satu kali sudah membuat Anda menjadi putus asa. Anda harus lebih kuat lagi, dan percaya kalau kita memiliki kesempatan yang sama untuk meraih satu kesuksesan dalam dunia kerja.

No comments:

Post a Comment